Kota Balikpapan

Kota Balikpapan
Kota Balikpapan

Hai semua gi mana kabar kalian??? hari ini saya akan posting tentang kota balikpapan tercinta di mana saya tinggal di kota ini dari lahir... yups inilah kota kelahiran saya, mungkin ada yang belum tau dimana letaknya kota baikpapan??? hhhmmm sungguh kasian bagi nasib orang-orang yang belum tau. ya eyalah karena balikpapan cukup terkenal loh di indonesia! gak percaya? neh lihat dulu petanya!!!

Kota Balikpapan
Peta Balikpapan Di Lihat Dari Indonesia
Kota Balikpapan
Pota K ota Balikpapan
Balikpapan sendiri letaknya ada di provinsi kalimantan timur yang berdekatan dengan ibu kota kaltim yaitu samarinda, mungkin skitar 2-3 jam bila di tempuh dari jalur darat. Balikpapan juga mempunyai slogan sendiri loh yaitu BERIMAN (BERsih Indah aMan dan nyamAN) kalau gak salah mirip slogan kota bogor yah. hmm kira-kira siapa yang niru siapa ya, tapi tenang aja karena slogan balikpapan bukan hanya kata-kata omong kosong karna balikpapan sampai saat ini sudah membuktikannya dengan seringkali meraih piala adipura dan minim sekali tindakan kriminal di kota ini, di tambah lagi dengan warga kotanya yang sangat ramah. tapi siapa sih wali kota dan wakilnya kota balikpapan, kok bisa membuat kota balikpapan sehebat saat ini?? hehe beliau ini orangnya!!!


Kota Balikpapan
Walikota Balikpapan

Kota Balikpapan
Wakil Walikota Balikpapan

Asal usul Balikpapan

kalau bahas asal usul balikpapan disini ada dua versi yang saya tau!

1.Versi Pertama (Sumber: Buku 90 Tahun Kota Balikpapan yang mengutip buku karya F. Valenijn tahun 1724)

Menurut legenda asal nama Balikpapan adalah karena sebuah kejadian yang terjadi pada tahun 1739, sewaktu dibawah Pemerintahan Sultan Muhammad Idris dari Kerajaan Kutai, yang memerintahkan kepada pemukim-pemukim di sepanjang Teluk Balikpapan untuk menyumbang bahan bangunan guna pembangunan istana baru di Kutai lama. Sumbangan tersebut ditentukan berupa penyerahan sebanyak 1000 lembar papan yang diikat menjadi sebuah rakit yang dibawa ke Kutai Lama melalui sepanjang pantai. Setibanya di Kutai lama, ternyata ada 10 keping papan yang kurang (terlepas selama dalam perjalanan)dan hasil dari pencarian menemukan bahwa 10 keping papan tersebut terhanyut dan timbul disuatu tempat yang sekarang bernama “Jenebora”. Dari peristiwa inilah nama Balikpapan itu diberikan (dalam istilah bahasa Kutai “Baliklah – papan itu”atau papan yang kembali yang tidak mau ikut disumbangkan).

2.Versi Kedua ( Sumber : Legenda rakyat yang dimuat dalam buku 90 Tahun Kota Balikpapan )

Menurut legenda dari orang-orang suku Pasir Balik atau lazim disebut Suku Pasir Kuleng, maka secara turun menurun telah dihikayatkan tentang asal mula nama “Negeri Balikpapan”. Orang-orang suku Pasir Balik yang bermukim di sepanjang pantai teluk Balikpapan adalah berasal dari keturunan kakek dan nenek yang bernama ” KAYUN KULENG dan PAPAN AYUN “. Oleh keturunannya kampung nelayan yang terletak di Teluk Balikpapan itu diberi nama “KULENG – PAPAN” atau artinya”BALIK – PAPAN”.

Mengenal tempat di Balikpapan

Hehe yuk kita liat lebih dalam ada apa aja sih di Balikpapan

Kota Balikpapan
Pertamina Balikpapan
Ini dia kota kilang minyak kebanggaan kota balikpapan yang jika di lihat pada malam hari penuh dengan cahaya, sampai-sampai langit pun ikut bewarna merah karna terkena kilatan cahaya api obor pertamina yang super tinggi, pertamina sendiri beralamat kan di jln. yos sudarso dan didirikan dari jaman belanda. jadi gak heran kalau di tempat ini juga di selimuti kisah horor, karena banyak pembantaian saat terjadi kudeta antara pihak jepang dengan belanda. yah hingga saat ini tu nyonya menir ato tuan menir masih sering gentayangan di situ... seerreeemmm

Kota Balikpapan
Bandar udara Sultan Aji Muhammad Sulaiman
Bandara yang telah di resmikan oleh Bpk SBY pada tgl 5/9/2014 bisa di bilang sangat megah dan kabarnya bandara ini sudah mengalahkan bandara internasional sukarno-hatta, bandara Kuala Namu di Medan, dan bandara Ngurah Rai di Bali dalam hal desain dan konsep serta banyak sekali keunggulan di bandara ini, gi mana keren banget ya kan. makanya cepetan berkunjung ke balikpapan dan rasakan sendiri capeknya jalan kaki muter-muter di bandara ini hehe.



Kota Balikpapan
Pelabuhan Semayang
Pelabuhan??? wih pasti kotor dan bau.. eits tenang dulu nih pelabuhan beda ko, karena pemandangan di sekitar kawasan ini sangat bersih, rapi dan enak dipandang. Memang masih ditemukan tumpukan sampah, tapi sepertinya sengaja di taruh di tempat tersebut agar memudahkan petugas kebersihan untuk mengangkutnya. oya pelabuhan ini sudah ada saat perang dunia ke 2 dan sempat di kuasai oleh tentara jepang serta ikut terkena bombardir oleh pasukan sekutu, tapi sayang kabarnya pelabuhan ini akan di tutup.


Kota Balikpapan
Pasar Inpres Kebun Sayur
Apa yang ada di pikirin kalian jika dengar nama kebun sayur?? haha pasti tempat di mana jualan berbagai macam sayur mayur ya kan. kalau kalian berpikir kaya gitu salah banget, tuh tengok gambar di samping ada ibu negara lagi belanja oleh-oleh khas kalimantan, di pasar kebun sayur ini jual berbagai oleh-oleh khas kalimantan dengan harga yang relatif terjangkau dengan uang 5000Rp kalian uda bisa bawa pulang oleh-oleh. lumayan ya kan dari pada pulang bawa tangan kosong. jangan lupa bawa uangnya jangan banyak-banyak karna pasti kalian gak akan tahan lihat pernak-pernik yang di jual di sini dan pingin membeli semuanya.

Kota Balikpapan
Pantai Manggar

Sebenarnya sih kalau ngomongin pantai di balikpapan gak akan ada habisnya, karna sepanjang kota balikpapan merupakan pesisir pantai, tapi di sini saya coba posting salah satunya aja, bukan berarti ini pantai terindah di balikpapan lo yah. karena masih banyak pantai-pantai yang super memanjakan mata. "pantai manggar"! kalau orang balikpapan pasti tau sama yang namanya pantai ini karena pantai ini adalah salah satu tempat wisata keluarga di akhir pekan, kalau pingin rasain seru dan ramainya gimana coba aja datang saat hari libur besar karna pantai ini akan di penuhi ribuan manusia dari segala kalangan

Kota Balikpapan
Penangkaran Buaya Teritip
Balikpapan juga punya penangkaran buaya nih yang kurang lebih ada 3000 ekor yang terdiri dari tiga macam jenis, yaitu Buaya Muara, Buaya Supit dan Buaya Air Tawar, gi mana banyak bukan buayanya? ya eyalah karena di kalimantan timur cuman di sini yang paling banyak buayanya, sebenarnya di sini juga bukan hanya ada buaya tapi juga ada hewan-hewan lainnya seperti gajah, ular, burung-burung dan banyak lagi. dan enaknya lagi di sini bukan kita yang di makan buaya justru sebaliknya kita yang makan buayanya karena di sini jual sate buaya 3000Rp pertusuk. hmm gimana maknyuusss kan!!!

Kota Balikpapan
Hutan Lindung Sungai Wain

Ada yang suka bertualang di hutan terutama hutan yang perawan? tenang aja di balikapapan ada ko tempat kaya gitu. di sini kalian akan di suguhkan flora dan fauna khas kalimatan yang langka dan di lindungi. pokonya pasti betah deh berlama-lama di sini. letaknya berlokasi di km23 jalan balikpapan - samarinda cukup bawa uang mulai dari Rp 350 untuk paket A (1-6 orang) kalian sudah bisa bertualang di hutan lindung ini.




Sebenarnya masih banyak tempat-tempat menarik di balikpapan, kalau jelasin satu persatu yang ada nih jari bisa patah semua,sebagai gantinya saya kasi foto-fotonya saja ya! nanti kalian cari tau sendiri kalau suda berada di balikpapan...

Kota Balikpapan
Pantai Kemala
Kota Balikpapan
Helipad Balikpapan
Kota Balikpapan
Pulau Tukung
Kota Balikpapan
Pulau Derawan
Kota Balikpapan
Bukit Bingkarai
Kota Balikpapan
Caribian Island Waterpark
Kota Balikpapan
Taman Bekapai
Kota Balikpapan
Monumen Pahlawan
Kota Balikpapan
Gedung Dome
Kota Balikpapan
Candi Modern

Gi mana keren ya kan kota Balikpapan, jadi gak rugi kalau kalian mampir ke kota kami. kalau masala tempat tinggal kalian tenang aja soalnya di sini yang namanya hotel suda kaya jutaan parasit, mau hotel dari kelas melati sampe bintang 5 ada, tinggal di pilih-pilih. tapi kalau kalian gak ada waktu buat berwisata ke balikpapan setidaknya kalian tau kalau di pulau kalimantan itu ada kota seindah surga hehehe, bukan pulau yang penuh dengan hutan belantara dan penduduk yang masi primitif. terimakasi buat kalian yang suda mampir di blog saya dan jangan lupa tinggalkan komentar kalian ya tentang balikpapan. wasalam


Direktori Blog Indonesia

1 comment: